REPRESENTASI NILAI–NILAI EDUKASI PADA SIMBOL DAN ELEMEN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT INTERNET SEHAT AMAN

Rieka Mustika

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Menyikapi agar masyarakat dapat memanfaatkan Internet secara aman dan bertanggung jawab, diperlukan acuan bagi perilaku yang aman dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi informatika, sekaligus dapat menginformasikan tindakan-tindakan teknis seperti penyaringan dan pemantauan terhadap konten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna secara menyeluruh visualisasi melalui makna denotasi, konotasi, hingga mitos iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi Informatika melalui pengungkapan tanda-tanda verbal dan non verbal. Representasi nilai edukasi yang sangat tercermin dalam iklan tersebut antara lain nilai disiplin dan bertanggung jawab.  Di dunia maya apapun yang diunduh maupun diunggah harus disiplin dan bertanggung jawab. Kemudian budaya mendampingi putra-putrinya dalam mengakses internet diperlukan juga agar anak-anak maupun remaja terkontrol dan terhindar dari pengaruh negatif.

Keywords

Representasi, Internet Sehat Aman, Iklan Layanan Masyarakat

Full Text:

PDF

References

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Danesi, Marcel,2010 Pengantar Memahami Semiotika Media, Yogyakarta: Jalasutra

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Hall, Stuart. 1980. Encoding/Decoding: Culture Media Language. Ed. New York: Routledge.

Hurlock, Elizabeth, B. 2000.Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Khairifa, Penyampaian Iklan Layanan Masyarakat, Jurnal Harmoni Sosial, Mei 2007, Volume I, No. 3

Mcquail, Denis dan Sven Windahl, 1993, Communication Models For Study Of Mass Communication, London: Longman.

Munir, 2009, Pembelajaran Jarak jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta

Mead, G. H. 1959. Mind, Self, and Society from the standpoint of Social Behaviorist, Chicago: University of Chicago Press

Tubs, Stewart L.– Sylvia Moss, 1996 Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar, Bandung: Rosdakarya

Nuraini Juliastuti, Bagaimana representasi menghubungkan makna dan bahasa dalam kebudayaan?, www.kunci.or.id

Rahmawati, Alvi Septi and Tripambudi, Sigit and Lestari, Puji (2010) Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 8 (3). pp. 221-232. ISSN 1693-3029

E-book Internet sehat 2010 (www.internetsehat.org) h. 5

Tim Internet Sehat http://ictwatch.com/internetsehat/2009/02/16/internet-sehat-antara-ict-watch-dan-dep

kominfo-notulen-diskusi/ diakses tanggal 6 maret 2011 Pkl. 20.37

http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan_layanan_masyarakat diakses 12 April 2012

http://edukasi.kompas.com/read/2009/03/20/2028042/Pengguna.Internet.Indonesia.Didominasi.Remaja diakses 12 April 2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.