pemanfaatan QR Code dalam Memudahkan proses absensi siswa berbasis aplikasi mobile

Akhiruddin Pulungan

Abstract

Absensi dapat dikatakan suatu tanda kehadiran yang merupakan bagian dari aktifitas pelaporan yang ada dalam sebuah institusi. Tidak terkecuali pada sistem absensi sekolah untuk menandaai kehadiran siswa umumnya masih dilakukan secara manual, dimana  hal ini sangat tidak efisien karena informasi tentang kehadiran bisa saja terjadi kecurangan baik dari pihak murid ataupun guru yang salah dalam menandai kehadiran siswa. Oleh sebab itu sangat perlu untuk diterapkan sebuah teknologi yang dapat membantu proses absensi di sekolah. Sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pada layanan kehadiran siswa. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem absensi yang dapat dilakukan menggunakan smartphone android dengan memanfaatkan sistem kamera untuk membaca QR Code. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Jadi Android yang dimiliki siswa dapat dipergunakan untuk membaca QR Code yang ditampilkan guru untuk melakukan proses absensi

Keywords

Absensi;QR Code; Android;Aplikasi Mobile

Full Text:

PDF

References

Ahmad. 2015. “Perancangan Aplikasi Komoditas Pertanian Berbasis Android”. CSRID Journal. Vol. 7. No. 3. 190-200.

Juansyah Andi. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol. 1. No. 1. 1-8.

Ramadhan dan Utomo. 2014. “Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 5. No. 2. 47-55.

Setiawan dan Kurniawan. 2015. “Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId)”. Jurnal CoreIT. Vol. 1. No. 2. 44-49.

Sugiantoro dan Hasan. 2015. “Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta”. Telematika. Vol. 12. No. 2. 134-145.

Sulihati dan Andriyani. 2016. “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa”. Jurnal Sains dan Teknologi Utama. 11. 15-26.

Wardani dan Yaqin. 2013. “Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I”. Jurnal Teknika. Vol. 5. No. 2. 473-477.

Qurotul, Yuliana dan Siti. 2017. “Penerapan Absensi QR Code Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework”. Jurnal Ilmiah Sisfotenika. Vol. 7. No.2.

Pohan Nurmaliana. 2016. “Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT. Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru”. Riau Journal Of Computer Science Vol.2 No.2 Tahun 2016 : 87 – 102.

Handini Ade. 2016. “PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK)”. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. IV. No. 2. 107-116.

Windu dan Grace. 2013. “PENERAPAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN VERSI DEKSTOP”. BIT. Vol. 10. No. 1. 80-87.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.