Submissions

Online Submissions

Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan naskah secara online dan untuk memeriksa status pengiriman naskah.

Apakah anda sudah memiliki akun / Kata Sandi untuk mengakses Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Login Akun Start New Submission

Membutuhkan username dan password?

Registrasi Akun
 

Author Guidelines

Jurnal Masyarakat Telematika dan Indonesia (MTI) merupakan majalah ilmiah di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP), Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jurnal MTI terbit sebanyak 2 (dua) nomor dalam setahun (Juni, November). Jurnal MTI diisi oleh para pakar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, akademisi, peneliti, serta pemerhati dan penggiat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal MTI menggunakan sistem seleksi peer-review dan redaksi. Dewan Redaksi dan Mitra Bestari akan memeriksa naskah yang akan masuk dan berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan. Redaksi Jurnal MTI menerima naskah Karya Tulis Ilmiah (KTI) di bidang di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang belum pernah dipublikasikan di media lain, dengan ketentuan sebagai berikut:

Jenis naskah:

  • Naskah dikirim berbentuk Karya Tulis Ilmiah bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat berupa: Ringkasan Hasil Penelitian, Tinjauan Teori, Artikel Ilmiah yang dikemas secara sistematis dan kritis. Tulisan harus memenuhi kaidah penulisan KTI dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar, dan baku (bukan bahasa populer). Naskah yang dikirim ke redaksi bersifat orisinil (karya sendiri) dan belum pernah dipublikasikan dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Penulis membuat surat pernyataan orisinalitas dan ditandatangani di atas meterai (Format Terlampir).

Sistematika Penulisan:

  • Penulisan judul: Judul naskah harus singkat. Tidak terlalu panjang (10-15 kata dalam Bahasa Idonesia, atau 10-18 kata dalam Bahasa Inggris); tidak ada kata klise (misalnya: studi tentang, kajian tentang, penelitian pendahuluan, pengaruh pemberian, dan sebagainya). Judul mencerminkan isi tulisan, bersifat spesifik, efektif, serta tidak memberikan peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis dengan huruf kapital dengan posisi tengah (centre) dan huruf tebal (bold). Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia maka judul Bahasa Indonesia ditulis di atas Bahasa Inggris, begitu juga sebaliknya. Judul kedua ditulis miring (Italic).
  • Nama Penulis (diketik di bawah judul ditulis lengkap dengan tanpa menyebutkan gelar. Jika penulis terdiri lebih dari satu orang maka harus ditambahkan kata penghubung ‘dan’ (bukan lambang ‘&’). Nama Instansi/ lembaga tempat penulis bekerja; ditulis lengkap beserta pos-el ( e-mail ) penulis.
  • Abstrak dan Kata Kunci; Abstrak terdiri atas satu paragraf dan menggambarkan keseluruhan isi naskah. Naskah memuat latar belakang, permasalahan, metode penelitian, kesimpulan, dan saran. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia (maksimal 250 kata) dan Bahasa Inggris (maksimal 280 kata). Di bawah abstrak dicantumkan minimal 3 (tiga) dan maksimal 5 (lima) kata kunci. Abstract dalam Bahasa Inggris maka diikuti kata kunci (keywords) dalam Bahasa Inggris. Abstrak dalam Bahasa Indonesia maka diikuti kata kunci dalam Bahasa Indonesia.

  1. Struktur naskah:
    • PENDAHULUAN

    (berisi latar belakang, masalah, tujuan, manfaat, teori yang digunakan, dan hipotesis (kalau ada)), dan Metode Penelitian (berisi jenis penelitian, subjek dan atau objek penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, dan keabsahan data)

    • HASIL DAN PEMBAHASAN

    (mendeskripsikan temuan penelitian dan pembahasan)

    • PENUTUP

    (berisi secara singkat dan jelas tentang simpulan/ esensi hasil penelitian dan rekomendasi)

    • DAFTAR PUSTAKA

    (berisi daftar referensi buku mutakhir dan jurnal ilmiah)

    .
  2. Format Penulisan:
  • Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dengan menggunakan MS Office Word pada kertas ukuran A4 (210x297 mm), dengan margin atas 2,5 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri dan kanan 2 cm. Font Times New Roman ukuran 12, spasi 1, tabel (spasi 1,0).
  • Setiap naskah diserahkan dalam bentuk file elektronik (soft copy ) dalam program MS Office Word serta 2 (dua) rangkap dalam bentuk cetakan (print out ).
  • Jumlah halaman naskah 15 s.d. 25 halaman, termasuk abstrak, gambar, tabel dan daftar pustaka. Bila lebih dari 25 halaman, redaksi berhak untuk menyunting ulang, dan apabila dianggap perlu akan berkonsultasi dengan penulis.
  • Penyebutan istilah di luar Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris harus ditulis dengan huruf cetak miring (italic).
  • Penyajian Tabel:
    • Judul tabel ditampilkan di bagian atas tabel, posisi di tengah (center), ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 11;
    • Tulisan ‘Tabel’ dan ‘Nomor’ ditulis tebal ( bold ), sedangkan judul tabel ditulis normal;
    • Gunakan angka Arab (1,2,3, dan seterusnya.) untuk penomoran judul tabel;
    • Jenis dan ukuran font untuk isi tabel menggunakan Arial Narrow ukuran 8-11 dengan jarak spasi tunggal;
  • Pencantuman sumber atau keterangan diletakkan di bawah tabel, rata kiri, menggunakan font Times New Roman 10.
  • Penyajian gambar: Nomor dan judul gambar diletakkan di bawah gambar, diikuti sumber.
  • Penulisan kutipan menggunakan model bodynote, contoh: (Mulyana, 2010).
  • Penulisan Daftar Pustaka mengikuti A.P.A Style dengan tata cara penulisan sebagai berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis. (Sumber: Microsoft ® Encarta ® 2008. © 1993-2007 Microsoft Corporation. All rights reserved)

  • Penulisan Daftar Pustaka dibuat spasi 1,5, dan masing-masing item diformat dengan hanging indent , yaitu baris kedua dan berikutnya lebih menjorok ke dalam daripada baris pertama.
    Contoh: H.J. de Graaf dan Th.G.Th.Pigeaud (1985). Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa; Peralihan dari Majapahit ke Mataram . Jakarta: Grafiti Pers.

Selengkapnya silakan download template penulisan :

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang diserahkan belum pernah dipublikasikan  atau tidak sedang dalam proses penyerahan naskah pada penerbit lain.
  2. File yang dikirimkan harus dalam format Open Dokumen dalam format .doc, .docx tidak diperkenankan menggunkan format pdf atau format lain yang terproteksi.
  3. Menggunkan template penulisan yang telah di sediakan pada url :
  4. Panjang naskah yang dipertimbangkan antara 15-25 halaman di ketik 1,5 spasi dengan ukuran font 11 dan kertas A4
  5. Naskah dibuatkan Abstrak dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris)
  6. Semua naskah Mencantumkan kelengkapan data diri yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.
  7. Penulis Naskah yang dimuat dalam jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi akan diberikan penghargaan honorarium yang disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di lembaga penerbit.
  8. Penulis Naskah harus mengunggah dokumen:
    • Ethical Statement
    • Copyright Transfer Agreement
    • Authorship Agreement
    • Yang sudah diisi dan ditandatangani di atas materai 6000.
 

Copyright Notice

1. As an author you (or your employer or institution) may do the following:

  • make copies (print or electronic) of the article for your own personal use, including for your own classroom teaching use;
  • make copies and distribute such copies (including through e-mail) of the article to research colleagues, for the personal use by such colleagues (but not commercially or systematically, e.g. via an e-mail list or list server);
  • present the article at a meeting or conference and to distribute copies of the article to the delegates attending such meeting;
  • for your employer, if the article is a ‘work for hire’, made within the scope of your employment, your employer may use all or part of the information in the article for other intra-company use (e.g. training);
  • retain patent and trademark rights and rights to any process, procedure, or article of manufacture described in the article;
  • include the article in full or in part in a thesis or dissertation (provided that this is not to be published commercially);
  • use the article or any part thereof in a printed compilation of your works, such as collected writings or lecture notes (subsequent to publication of the article in the journal); and prepare other derivative works, to extend the article into book-length form, or to otherwise re-use portions or excerpts in other works, with full acknowledgement of its original publication in the journal;
  • may reproduce or authorize others to reproduce the article, material extracted from the article, or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
  • All copies, print or electronic, or other use of the paper or article must include the appropriate bibliographic citation for the article’s publication in the journal.

2. Requests from third parties

  • Although authors are permitted to re-use all or portions of the article in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use. Requests for all uses not included above, including the authorization of third parties to reproduce or otherwise use all or part of the article (including figures and tables), should be referred to Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo by going to our website at balitbangsdm.kominfo.go.id

3. Author Online Use

  • Personal Servers. Authors and/or their employers shall have the right to post the accepted version of articles pre-print version of the article, or revised personal version of the final text of the article (to reflect changes made in the peer review and editing process) on their own personal servers or the servers of their institutions or employers without permission from Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo, provided that the posted version includes a prominently displayed Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo copyright notice and, when published, a full citation to the original publication, including a link to the article abstract in the journal homepage. Authors shall not post the final, published versions of their papers;
  • Classroom or Internal Training Use. An author is expressly permitted to post any portion of the accepted version of his/her own articles on the author’s personal web site or the servers of the author’s institution or company in connection with the author’s teaching, training, or work responsibilities, provided that the appropriate copyright, credit, and reuse notices appear prominently with the posted material. Examples of permitted uses are lecture materials, course packs, e-reserves, conference presentations, or in-house training courses;

4. Articles in Press (AiP) service

  • Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo may choose to publish an abstract or portions of the paper before we publish it in the journal. Please contact our Production department immediately if you do not want us to make any such prior publication for any reason, including disclosure of a patentable invention.

5. Author/Employer Rights

  • If you are employed and prepared the article on a subject within the scope of your employment, the copyright in the article belongs to your employer as a work-for-hire. In that case, Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo assumes that when you sign this Form, you are authorized to do so by your employer and that your employer has consented to the transfer of copyright, to the representation and warranty of publication rights, and to all other terms and conditions of this Form. If such authorization and consent has not been given to you, an authorized representative of your employer should sign this Form as the Author.

6. Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo Copyright Ownership

  • It is the formal policy of Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo own the copyrights to all copyrightable material in its technical publications and to the individual contributions contained therein, in order to protect the interests of the Puslitbang APTIKA & IKP Kominfo, its authors and their employers, and, at the same time, to facilitate the appropriate re-use of this material by others. 



Copyright Holder lisensi :Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di jurnal ini akan digunakan hanya untuk kebutuhan dari jurnal ini, dan tidak digunakan untuk tujuan lain untuk/pada pihak lain.